Menulis Online

Sisi Positif dan Negatif 
sumber gambar: litabi.com
Menulis online saat ini sepertinya sedang menjadi trend yang positif. Dengan perkembangan jaringan internet dan kemudahan mengaksesnya menjadikan pintu menulis secara online semakin terbuka lebar. Apalagi dengan didukung platform menulis online yang semakin banyak.

Menulis secara online memang memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, tulisan yang kamu buat bisa langsung dipublikasikan.
Publikasi tersebut bisa menjadi parameter kualitas tulisanmu. Jika tulisanmu bagus dan diterima publik dengan baik, ada kemungkinan tulisanmu bisa kamu lanjutkan menjadi buku. Apabila penerimaan publik kurang memuaskan, tentu kamu bisa berpikir ulang untuk menerbitkannya lagi dalam bentuk buku atau ebook. Kamu bisa memikirkan untuk mengganti tema, alur, sudut pandang, dan sisi lain yang kamu anggap perlu dirombak.

Sisi negatif dari menulis online adalah tulisanmu yang masih terlalu baru seringkali terburu-buru untuk dipublikasikan. Apalagi menulis online berhubungan dengan kuota data, meskipun bagi sebagian orang tidak menjadi masalah. Kamu bisa saja mengabaikan proses editing secara mendalam. Padahal proses ini sangat penting. Kualitas tulisanmu pun menjadi kurang maksimal.

Platform Menulis Online
Ada beberapa website tempat menulis online yang bisa kamu pergunakan. Berikut adalah beberapa website menulis online yang cukup populer.
Kemanapun anda pergi menelusuri, semuanya gratis di Wattpad: Komunitas terbesar di dunia untuk para pembaca dan penulis. Kalimat tersebut adalah tagline dari Wattpad. Kamu bisa registrasi dengan mudah dan mulai menulis secara gratis untuk kemudian kamu publikasikan di dalamnya.

website untuk menulis dan menerbitkan karya ini adalah buatan orang Indonesia. Website ini cukup bagus untuk kamu coba. Saat pertama membuka situs ini, kamu akan disuguhi daftar sampul yang menarik hasil tulisan para anggota.

Website baru ini merupakan anak dari nulisbuku.com.  Dalam situsnya dituliskan keterangan sebagai berikut. "Storial memfasilitasi setiap orang yang ingin berbagi dan menuliskan cerita dengan cara baru, di mana saja dan kapan saja. Berbagai topik dan ratusan judul menarik dapat Anda temukan di sini. Melalui Storial, orang-orang dapat terhubung berdasarkan kecintaan mereka terhadap menulis dan membaca. Baik Anda yang baru saja memulai karir menulis maupun Anda yang sudah memiliki puluhan buku dapat bergabung di Storial sebagai wadah menyalurkan inspirasi." Tulisan kamu berpotensi kamu terbitkan jika respons pembaca bagus. Hanya saja, sampai saat ini storial masih membatasi calon anggota yang bisa mendaftar hanya yang sudah diundang oleh anggota terdaftar di storial.co
Share on Google Plus

About Unknown

1 komentar:

  1. Nulis online memang asyik. Selain karya langsung dicomment pembaca, kita juga tertantang untuk menulis ide-ide baru... Sepakat!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Mari kita bersama-sama belajar dan berkarya. Silakan isikan komentar, saran, atau kritik di blog ini yang membangun demi kebaikan kita bersama. Salam karya.