Pengertian Non Fiksi

Karangan nonfiksi yaitu karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam keidupan kita sehari-hari. Tulisan nonfiktif biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer,
laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.

Non fiksi adalah sebuah tulisan atau karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata. Atau, cerita kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Dengan kata lain, Non Fiksi adalah karya seni yang bersifat faktual. Hal-hal yang terkandung di dalamnya adalah nyata, benar-benar ada dalam kehidupan kita.

Perbedaan antara fiksi dengan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaya bahasa atau apapun selain masalah fakta atau khayalan.

Karangan nonfiktif berusaha mencapai taraf objektifitas yang tinggi, berusaha menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca.

Bahasa karangan nonfiktif bersifat denotative dan menunjukan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.

Nonfiksi dibagi menjadi 2 :
  • Nonfiksi Murni : adalah buku yang berisi pengembangan berdasarkan data – data yang otentik
  • Nonfiksi Kreatif : berawal dari data yang otentik kemudian pengembangannya berdasarkan imajinasi yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa
Share on Google Plus

About Unknown

5 komentar:

  1. maksudnya non fiksi itu yang nyata atau ilmiah ya

    untuk penulisan bakunya bagaimana?


    bisa di tampilkan contohnya

    Kenshusei

    ReplyDelete
  2. Nonfiksi adalah karangan yang sifatnya fakta dan bukan karangan/hasil imajinasi.

    Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer,laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf, penulisan bakunya: nonfiksi

    ReplyDelete
  4. Pembahasan sepintas tapi mendalam. dari sini saya mendapatkan beberapa poin baru yakni non fiksi murni dan non fiksi kreatif

    Oke, selanjutnya saya juga ingin memberikan link referensi lain terkait pengertian nonfiksi dan macam macamnya >>> Pengertian non fiksi dan macam macamny

    ReplyDelete
  5. yang nulis artikel siapa ya mo buat referensi untuk tesis

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Mari kita bersama-sama belajar dan berkarya. Silakan isikan komentar, saran, atau kritik di blog ini yang membangun demi kebaikan kita bersama. Salam karya.