Short-Cut untuk Penulis


Apa yang bisa Sobat terbitin lakukan agar bisa menjadi penulis melalui jalan pintas (short-cut)?


  1. Jangan tinggalkan kebiasaan harian yang berhubungan dengan menulis, seperti harus menulis surat atau email, makalah, presentasi, catatan harian, iklan, laporan, pesan, atau tanggapan. Cara mudah jika Anda mengunjungi satu tempat umum yang menyediakan kotak saran. Isi formulir itu untuk melatih dan membiasakan otak Anda merangkai tulisan.
  2. Sebelum menjadi generalis dalam soal tulis-menulis, jadilah dulu spesialis. Kuasai satu bidang sebagai bahan tulisan Anda. Jika Anda senang menulis untuk remaja, kuasai seluk-beluk remaja. konsistenlah dahulu untuk menulis hal dalam bidang yang sama setiap waktus sampai Anda merasa cukup masa untuk melirik ke bidang lain. Kesalahan utama para pemula adalah mencoba menulis semua hal, padahal hanya tahu kulitnya!
  3. Cermati dan renungkan kelebihan-kelebihan karya para penulis terkenal. Tuliskanlah apa keunggulan tulisan para penulis itu menurut Anda.
  4. Sediakan catatan berupa buku kecil yang bisa Anda bawa-bawa. Tangkap ide-ide yang datang tanpa diundang dengan langsung mencatatnya. Anda juga bisa mencatat pendapat atau pengalaman orang lain sebagai pengaya gagasan Anda.
  5. Pilihlah media-media kelas menengah ke bawah atau yang jangkauannya lokal untuk test case bagi tulisan Anda. Biasanya pemuatan tulisan Anda akan mampu memompa sugesti bahwa Anda memang mampu menjadi penulis. Selanjutnya, bisa mencoba untuk media menengah ke atas.


*Bambang Trim (Saya Bermimpi Menulis Buku:2005)
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Mari kita bersama-sama belajar dan berkarya. Silakan isikan komentar, saran, atau kritik di blog ini yang membangun demi kebaikan kita bersama. Salam karya.