Self Publishing, Alternatif Tanpa Penolakan

Minat masyarakat Indonesia untuk menerbitkan karya mereka menjadi buku semakin meningkat. Semakin banyak penulis bermunculan dengan beragam genre menghiasi dunia perbukuan Indonesia. Toko-toko buku online maupun offline semakin berwarna dengan maraknya cover buku atau ebook baru.

Apakah ini dampak dari bertumbuhnya minat baca? bisa iya bisa juga tidak. Idealnya, menjadi penulis perlu
juga untuk sekaligus menjadi pembaca yang baik. Bertumbuhnya minat baca pun akan berpengaruh pada tingkat keterjualan buku yang tinggi. Dengan demikian, gairah untuk terus menulis dan menerbitkan karya akan terus terjaga.

Melihat aktivitas perbukuan yang terus menggeliat seperti itu,  banyak pihak yang tersadar dan melirik peluang ini untuk dijadikan lahan ekonomis. Akhirnya, bermunculanlah penerbit-penerbit yang siap menjadi mitra penulis untuk mewujudkan harapan mereka memiliki buku sendiri.

Ada beragam cara menerbitkan buku. Dari penerbit konvensional yang rata-rata pemain lama, hingga penerbit swakelola atau self publishing yang kini juga mulai marak. (baca artikel Cara Menerbitkan Buku)

Memilih penerbit yang sesuai menjadi tantangan tersendiri bagi seorang penulis, terlebih penulis pemula. Ada banyak penerbit dengan beragam aliran yang berbeda-beda.

Pilihan paling 'aman' bagi penulis yang tidak mau berhadapan dengan penolakan tentu memilih self pulishing atau penerbit indie. Dengan cara ini, bagaimanapun kualitas tulisan si penulis, tidak akan ada penolakan dari pihak penerbit. 

Tentu saja beragam resiko harus ditempuh ketika memilih cara ini. Sebagai contoh, penulis juga bertindak seagai editor yang harus menyusun tampilan bukunya semenarik mungkin. Masalah marketing juga harus dihadapi penulis sendiri.

Pada postingan selanjutnya, admin akan membahas beberapa self publishing yang ada di Indonesia. 
Sobat tertarik dengan self publishing?


Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Mari kita bersama-sama belajar dan berkarya. Silakan isikan komentar, saran, atau kritik di blog ini yang membangun demi kebaikan kita bersama. Salam karya.