Membedakan Jenis Tulisan Fiksi


Sobat terbitin, dalam postingan kali ini, admin ingin membahas tulisan fiksi. Mungkin sebagian besar Sobat terbitin sudah tahu apa itu tulisan fiksi. Fiksi adalah jenis tulisan yang sumbernya berasal dari rekaan atau khayalan atau karangan penulisnya. Tulisan fiksi bukan berasal dari hal yang nyata atau fakta. Meskipun demikian, sekarang mulai dikenal istilah faksi (fakta fiksi). Istilah ini bertolak dari pengertian jenis tulisan yang berasal dari fakta kemudian dijadikan fiksi. 

Di dalam fiksi sendiri, khususnya prosa, ada pembagian-pembagian lagi. Ada cerpen, novelet, novel/roman. 

Pengertian Cerpen di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kisahan pendek (kurang dr 10.000 kata) yg memberikan kesan tunggal yg dominan dan memusatkan diri pd satu tokoh dl satu situasi (pd suatu ketika). Lingkup cerpen demikian terbatas, entah itu pada tema, tokoh, hingga ending yang tunggal. Peran media turut menentukan sebuah cerpen. Space/ruang yang disediakan media sering menjadi tolok ukur berapa panjang sebuah cerpen harus disusun.

Novelet merupakan satu jenis fiksi dengan panjang di atas cerpen namun masih dibawah novel. Novelet sering juga disebut novela. Novelet/novela sering disinonimkan dengan cerita pendek yang panjang atau novel yang pendek.

Novel menurut kamus istilah sastra ialah jenis prosa yang mengandung unsur tokoh, alur, latar rekaan yang menggelarkan kehidupan manusia atas dasar sudut pandang pengarang dan; mengandung nilai hidup, diolah dengan teknik kisahan dan ragaan yang menjadi dasar konvensi penulisan. Novel memungkinkan penulisnya berekspresi lebih banyak. Tema besar yang diusung bisa diikuti dengan sub-subtema yang lebih banyak.

Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah flash fiction, sebuah model baru yang tumbuh karena pengaruh perkembangan dunia internet. Flash fiction lebih pendek daripada cerpen. Pengguna internet yang cenderung membutuhkan informasi yang serba cepat mulai tertarik dengan fiksi yang betul-betul pendek. Meskipun pendek, flash fiction tetap merupakan sebuah karya yang utuh dengan konflik dan ending (penyelesaian). 

Semoga postingan ini bermanfaat. Sobat ingin memberikan definisi lain?
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Mari kita bersama-sama belajar dan berkarya. Silakan isikan komentar, saran, atau kritik di blog ini yang membangun demi kebaikan kita bersama. Salam karya.