Sukses Menulis Naskah 100 Halaman untuk Pertama Kali

Banyak calon penulis yang mengaku ingin menulis buku, tetapi langsung menyerah ketika salah satu syaratnya adalah membuat naskah sekitar 100 halaman.

Bagi calon penulis, membayangkan aktivitas mengetik hingga seratus halaman adalah hal yang berat dan panjang. Tapi, terbukti banyak calon penulis yang sekarang berhasil menerbitkan beberapa judul buku. Apa saja rahasia mereka?
Ternyata, hanya ada satu kalimat untuk menjadi penulis, yaitu jangan mengeluh dahulu, tapi MENULISLAH SEKARANG juga.

Mereka yang baru pertama kali menulis buku, lantas mengenyahkan keraguan dan yakin kalau penulis lain berhasil membuat naskah 100 halaman, maka setiap orang juga bisa. Hal tersebut juga berlaku untuk Anda jika memiliki mimpi sebagai penulis.

Sumber Gambar: ae01.alicdn.com/
Selain itu, Anda juga harus memiliki strategi dalam menulis.

Contoh, Anda akan mengikuti lomba menulis yang syaratnya adalah naskah minimal 120 halaman. Dateline lomba tersebut masih 4 bulan lagi. Maka Anda bisa membuat rencana yaitu menulis naskah selama 3 bulan dan 1 bulan khusus untuk self editing.

Agar berhasil menulis 120 halaman naskah selama tiga bulan, maka 120 dibagi 3 hasilnya adalah 40. Itu artinya, setiap bulan harus menghasilkan minimal 40 halaman. Lalu bagi 40 dengan 30 hari yaitu 1-2, artinya Anda harus menulis 1-2 halaman setiap harinya.

Catat berapa halaman yang sudah Anda tulis setiap harinya di Metrik Pencapaian.

Jika Anda konsisten 1-2 halaman setiap harinya, maka dalam 3 bulan ke depan tidak terasa sudah memiliki 1 naskah buku. Maka, Ini saatnya Anda berhenti hanya membayangkan memiliki buku, tetapi mulai menulis saat ini juga.

Saat ini, Anda sudah tahu ada alat sederhana yang membantu Anda mewujudkan impian sebagai penulis.

Klik share ya kalau Anda ingin jadi penulis.

Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Mari kita bersama-sama belajar dan berkarya. Silakan isikan komentar, saran, atau kritik di blog ini yang membangun demi kebaikan kita bersama. Salam karya.